BREAKING NEWS

Profil

Berita Acara

Bappeda Bone

Jumat, 03 Januari 2014

Care Indonesia Gandeng Bappeda Perkuat Kapasitas Perencana Wilayah Pesisir

Kepala Bappeda Bone, Drs. H. Abu Bakar memberikan sambutan pada pembukaan


“Diharapkan, setelah pelatihan selesai, para perencana semakin meningkat pemahamannya tentang perencanaan, khususnya terkait perencanaan yang adaptif perubahan iklim dengan memanfaatkan dokumen Village Vision Mapping, sekaligus memiliki kemampuan memfasilitasi proses perencanaan (mis. Musrenbang) secara efektif dan partisipatif di masing-masing wilayahnya,” kata Rahman Ramlan, District Facilitator CARE Kab. Bone, yang menyampaikan rencana Pelatihan Perencanaan bagi pemerintah kecamatan dan desa pesisir, yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 11 Desember 2013, di Wisma Tirta Kencana.

Menurut Rahman, ada sekira 40 orang peserta yang akan mengikuti kegiatan Pelatihan yang dijadwalkan  dibuka oleh Kepala Bappeda & Statistik Kabupaten Bone. Pelatihan akan dipandu langsung oleh Fasilitator CARE, yang akan memaparkan informasi Program Adaptasi Perubahan Iklim dan Perencanaan yang Adaptif Perubahan Iklim berbasis masyarakat (CBA-Community Base Adaptation) yang terdiri atas empat komponen utama yaitu Pembangunan Kapasitas Lokal, Pengurangan Resiko Bencana, Mata Pencaharian yang tahap terhadap iklim, serta Mengatasi Penyebab Mendasar Kerentanan.

Sementara Materi dari Bappeda & Statistik, memfokuskan kepada informasi arah dan kebijakan pembangunan kabupaten Bone tahun 2014, dan progress dokumen RPJMD Bone tahun 2013-2018 yang sudah ditetapkan oleh legislatif, serta mendiskusikan tentang Sistem dan Mekanisme Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) untuk tahun 2014.

Program Adaptasi Perubahan Iklim atau BCR CC Project (Building Coastal Resilience to reduce Climate Change Impact in Indonesia), merupakan program kerjasama CARE International Indonesia dengan Pemerintah Kabupaten Bone yang ditujukan untuk memperkuat ketahanan masyarakat pesisir dari dampak negatif perubahan iklim.

Salah satu target program adalah terintegrasikannya aktivitas adaptasi perubahan iklim ke dalam mekanisme perencanaan daerah, lingkungan dan pengurangan resiko bencana mulai dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten.

Posting Komentar

 
Copyright © 2012 API BONE
apibone@yahoo.com /e-mail