BREAKING NEWS

Profil

Berita Acara

Bappeda Bone

Kamis, 12 April 2012

Ratusan Warga Padati Musrenbang Kecamatan Awangpone

Sekitar duaratusan warga memenuhi kantor Camat Awangpone untuk mengikuti Musrenbang tingkat kecamatan pada hari Rabu, 25 Januari 2014. Para Delegasi dari 18 Desa dan Kelurahan se kecamatan Awangpone hadir memperjuangkan usulan prioritas hasil Musrenbangdesnya. Sementara itu puluhan SKPD Kabupaten Bone (Badan, Dinas, Kantor)  turut hadir menyaksikan warga bermusyawarah. Musrenbang semakin semarak dengan hadirnya dua orang anggota DPRD dari Dapil II. Perwakilan TRIPIKA dan para Kepala UPTD se kecamatan Awangpone juga diundang bersama Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Tokoh Perempuan. Demikian pula para Pelaku PNPM Mandiri Perdesaan, PNPM PISEW dan pelaku PNPM lainnya.
Musrenbang dimulai pukul 09.00 Wita tepat, diawali dengan Pembukaan oleh Protokol dan menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Selanjutnya,  Laporan Ketua Tim Pelaksana Musrenbang oleh Sekretaris Camat, Mahmud. Dilanjutkan dengan sambutan Camat Awangpone, Nur Alam yang sekaligus membuka dengan resmi kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat Kecamatan Awangpone, lalu ditutup dengan Do’a oleh salah seorang Imam Desa.
Setelah rehat sejenak, Sekcam Awangpone yang bertindak sebagai Moderator mempersilakan para Narasumber yang terdiri dari Camat Awangpone, Bappeda & Statistik Kab. Bone dan DPRD Bone untuk menyampaikan presentasinya. 
Camat Awangpone dalam pemaparannya menyampaikan hasil Musrenbang tahun 2011 dan Agenda Pembangunan Kecamatan Tahun 2012. Kepala Bidang Perencanaan Ekonomi yang mewakili Bappeda & Statistik Kabupaten Bone memaparkan Arah dan Kebijakan Pembangunan Kabupaten Bone tahun 2013. Sebelumnya, A. Ratna menyampaikan kepada seluruh hadirin tentang perubahan pola Musrenbang yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana pada tahun ini menggunakan pola mekanisme terintegrasi.
Disampaikan pula oleh Kabid Perencanaan Ekonomi tentang Rencana Program dan Kegiatan Prioritas Daerah Tahun 2013, yakni Penanggulangan Kemiskinan Daerah, Program Stabilitas Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, Program Pengembangan Komoditas Unggulan Daerah, Program Adaptasi Perubahan Iklim (Climate Change) Kerjasama Pemkab Bone dengan CARE International Indonesia, Program  Peningkatan Infrastruktur Dasar, Program Peningkatan Pelayanan Sosial Dasar, dan Program Reformasi Birokrasi dalam  Kerangka  Penciptaan Aparatur yang bersih dan berwibawa.  
Sedangkan dari DPRD diwakili oleh H.Kaharuddin dan A. Idris Arman. Mereka menyampaikan maksud dan tujuan kehadiran dalam rangka mendengarkan aspirasi masyarakat melalui Musrenbang. Anggota DPRD tersebut juga menyampaikan beberapa informasi terkait peranan DPRD dalam pembahasan dan penetapan RAPBD menjadi APBD.
Setelah narasumber menyampaikan paparannya, dilanjutkan dengan tanya jawab yang dipandu oleh Moderator.
Sesi berikutnya, dipandu oleh Abd. Hasyim dan A. Gunawan dari Fasilitator Kecamatan dan Fasilitator Kabupaten. Agendanya adalah Pembacaan Usulan Prioritas dari 18 Desa/Kelurahan se kecamatan Awangpone yang telah dikelompokkan dalam Bidang Pendidikan dan Kesehatan, serta ekonomi dan Infrastruktur oleh Sekcam Awangpone, dilanjutkan dengan Pembacaan Skala Prioritas Pembangunan Kecamatan oleh Camat Awangpone.
Sesi berikutnya, Diskusi Penajaman Permasalahan di Wilayah Kecamatan, dimana usulan Prioritas hasil Musrenbangdes dibagi kedalam 2 Matriks. Matriks pertama terdiri dari Usulan yang didanai oleh ADD, Swadaya Masyarakat dan dari Pihak ketiga (Hibah), serta usulan yang akan didorong ke tingkat Kecamatan yang dibiayai oleh APBD. Sedangkan Matriks kedua terdiri dari usulan Prioritas kecamatan yang sudah dikelompokkan per Bidang yakni Bidang Ekonomi & Infrastruktur, dan Bidang Sosbud & pemerintahan yang akan di dorong ke Forum SKPD dan Musrenbang Kabupaten untuk dibiayai oleh APBD Kabupaten, APBD Provinsi maupun APBN.
Agenda Musrenbang diskors oleh Fasilitator saat waktu menunjukkan Pukul 13.00 Wita untuk Istirahat makan siang dan Shalat Dhuhur. Acara dilanjutkan kembali tepat pukul 14.00 dengan Agenda Musyawarah Penentuan Prioritas Usulan hasil Musrenbangdes menjadi Rencana Pembangunan Kecamatan (RPK). Acara berakhir pukul 17.30 setelah seluruh usulan diberi skor (nilai) dan dirangking per bidang, dan ditutup secara resmi oleh Camat Awangpone.
 
Copyright © 2012 API BONE
apibone@yahoo.com /e-mail