BREAKING NEWS

Profil

Berita Acara

Bappeda Bone

Jumat, 04 Januari 2013

Study Kelayakan Rumput Laut di Kabupaten Bone


Saat ini CARE International Indonesia sedang melaksanakan Program Adaptasi Perubahan Iklim (API) melalui program BCR CC (Building Coastal Resilience to reduce Climate Change impact in Indonesia and Thailand). Secara khusus di Indonesia terfokus kegiatan pada 4 (empat) kabupaten di wilayah pesisir Teluk Bone, yaitu pada kabupaten Bone, Wajo, Luwu dan Luwu Utara.

Pelaksanaan Program Adaptasi perubahan Iklim (BCR CC) kini telah memasuki tahapan implementasi melalui kegiatan Demplot Budidaya Rumput Laut. Sebelum dimulainya kegiatan tersebut maka CARE International Indonesia bekerjasama dengan Konsultan Indepentn akan mengadakan Studi Kelayakan (Feasibility Study) budidaya rumput laut di wilayah program BCR CC.
Adapun jangka waktu studi adalah satu bulan terhitung mulai tanggal 11 s/d 18 oktober 2012. Tujuan dari studi tersebut adaah mendapatkan informasi awal tentang proyeksi iklim yang berkaitan dengan kelayakan rumput  laut pada wilayah program dan prospek budidaya rumput laut dari aspek sosiologi, biologi di wilayah pesisir Teluk Bone.

Konsultan Seaweed dari Seaplan yang dipimpin oleh Dina Saragih dan Dedi Kurniadi memulai study kelayakan di Kabupaten Bone pada tanggal 11-12 Oktober 2012. Dalam rangka memudahkan kegiatan study kelayakan tersebut, Tim Konsultan dibantu oleh Tim Fasilitator BCR CC CII kabupaten Bone (Rahman Ramlan dan Aliyas Hammude).

Pada hari pertama, Tim Konsultan berkunjung ke kantor Bappeda & Statistik Kabupaten Bone selaku Ketua Tim Koordinasi Program API Bone. Rombongan diterima oleh Sekretaris Bappeda-H. Kaharinuddin,  Kabid Monitoring & Evaluasi (Ketua Tim Teknis API)-A. Zainal, dan Kabid ekonomi-Ratnawati, di ruang Kepala Badan. Kepala Bappeda tidak berada di tempat karena sedang berada di Jakarta. Rombonga mendapatkan penjelasan tentang kebijakan daerah terkait pengembangan budidaya rumput laut.

Agenda berikutnya berkunjung ke kantor Dinas Kelautan dan Perikanan. Rombongan diterima oleh Sekretaris DKP-Ir Wahida,M.Si, Staf Budidaya Ir. St Nardi dan Anggota Tim teknis dari DKP-Sutamin SP. Di kantor DKP, Rombongan berkesempatan melihat Laboratorium rumput laut yang tidak bisa beroperasi karena tidak ada dukungan anggaran operasional. Di DKP, rombongan mendapatkan sejumlah informasi teknis terkait budidaya rumput laut di kabupaten Bone.

Dari kantor DKP, rombongan kemudian ke Kantor Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura. Rombongan disambut oleh Kepala Kantor, namun tidak bisa menemani karena buru-buru harus ke Jakarta. Rombongan diterima oleh Ir. Abd Rauf-Kabid Program (anggota Tim Teknis API Bone). Tidak ada informasi yang dapat digali di Distan, karena bidang yang menangani informasi cuaca telah dipindahkan ke Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan (BP4K).

Rombongan kemudian berkunjung ke kantor BP4K dan diterima oleh Kepala Bidang Pembinaan Kelembagaan Penyuluhan-Ratulangi dan Staf Fungsional penyuluhan-Arifin. Tim Konsultan berhasil memperoleh penjelasan tentang sistem informasi cuaca dan iklim di kantor tersebut.

Setelah informasi dari SKPD terkait dianggap cukup. Rombongan selanjutnya mengunjungi Desa Unra (salah satu calon lokasi demplot rumput laut) dan desa Kajuara (bukan lokasi program) untuk mendapatkan gambaran pengembangan budidaya rumput laut dari petani langsung serta sistem pemasaran hasil dari para Pengumpul dan Pembeli.

Pada hari kedua, 12 Oktober 2012, rombongan  berkunjung ke kelurahan Bajoe kecamatan Tanete Riattang Timur untuk bertemu dengan para petani rumput laut. Kesempatan tersebut juga dimanfaatkan oleh DF BCR CC Bone untuk menginformasikan rencana kunjungan Koordinator Project BCRCC Indonesia & Thailand-Katrine Van Der Dellen yang akan bersilaturrahim dengan masyarakat dan meninjau calon lokasi demplot rumput laut yang direncanakan akan berkunjung pada tanggal 22 oktober 2012.

Untuk melengkapi data survey, rombongan kembali berkunjung ke Desa Unra dan Kading kecamatan Awangpone.

Beberapa warga pembudidaya rumput laut sangat antusias memberikan informasi yang diminta oleh Tim Konsultan. Selain itu, Tim Konsultan juga berbagi tips dan kiat-kiat praktis meningkatkan produksi rumput laut dan share informasi tentang perkembangan pasar rumput laut, sebagai ucapan terima kasih atas partisipasi warga menjawab pertanyaan Tim Konsultan. (RaRa.12.10.2012)


Posting Komentar

 
Copyright © 2012 API BONE
apibone@yahoo.com /e-mail