BREAKING NEWS

Profil

Berita Acara

Bappeda Bone

Jumat, 22 November 2013

Sosialisasi Akses Informasi Iklim dan Cuaca Kab. Bone



 
Rahman Ramlan, DF Bone melaporkan kegiatan


Pelaksanaan Sosialisasi Akses Informasi Iklim dan Cuaca oleh Tim BMKG Wilayah IV Sulawesi yang diselenggarakan oleh CARE International Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bone, Kamis 17 Oktober 2013 di Ruang Rapat Kantor Bappeda & Statistik Kab. Bone, berhasil mendorong lahirnya sebuah komitmen bersama untuk membentuk sebuah Tim Satuan Tugas yang akan menjadi Penanggungjawab pengelolaan informasi iklim dan cuaca di kabupaten Bone.

Drs. H. Abu Bakar, Kepala Bappeda & Statistik Kabupaten Bone selaku Ketua Tim Koordinasi Program Adaptasi Perubahan Iklim yang memandu proses diskusi penyatuan pemahaman terkait Disain Akses Informasi Iklim dan Cuaca, menyatakan bahwa informasi yang disampaikan oleh BMKG penting untuk ditindaklanjuti dengan menyegerakan membentuk sebuah satuan tugas yang terdiri dari perwakilan personil dari Badan, Kantor, Dinas atau organisasi pemerintah yang akan bertanggungjawab terhadap informasi iklim dan cuaca agar mudah diakses oleh masyarakat.

“Saya akan berkonsultasi dengan Bupati, untuk segera mewujudkan rencana ini, dan saya berharap CARE International Indonesia dapat membantu mendisain strategi dan bentuk yang tepat Tim ini nantinya,” kata H. Abu Bakar, yang baru sekitar dua bulan menjabat sebagai Kepala Bappeda Bone.
Partisipan Sosialisasi Akses Informasi Iklim dan Cuaca Tingkat Kab. Bone

Ada sekitar 45 orang peserta yang berasal dari perwakilan Badan, Kantor dan Dinas terkait, 
Pemerintah Kecamatan Pesisir, para Kepala Desa dan Lurah lokasi program BCR CC, anggota Tim Teknis dan Mitra LSM yang  menghadiri kegiatan sosialisasi yang dibuka oleh Bupati Bone yang diwakili oleh A. Chaerul Saleh, Staf Ahli bidang Ekonomi dan Pembangunan.


Chairul Saleh, Staf Ahli Setda Bone didampingi H. Abu Bakar-Kepala Bappeda Bone

Dalam sambutannya, Bupati Bone menyambut baik hadirnya BMKG di kabupaten Bone, dan mengucapkan terima kasih kepada CARE International Indonesia yang telah banyak membantu pemerintah dan masyarakat kabupaten Bone dalam hal penguatan ketahanan masyarakat pesisir dari dampak negatif perubahan iklim.
 
PM BCR CC, Leo Sambo menjelaskan hal terkait kegiatan sosialisasi yang dikerjasamakan dengan BMKG
Sementara itu, Project Manager BCR CC, Leonardy Sambo dalam laporan pengantar kegiatan menyampaikan bahwa pelaksanaan Sosialisasi Akses Informasi Iklim dan Cuaca merupakan tindaklanjut dari hasil Workshop Akses Informasi Iklim dan Cuaca bekerjasama dengan BMKG Wilayah IV Sulawesi yang dihadiri perwakilan Pemerintah 4 kabupaten lokasi program BCR CC.

“Diharapkan melalui kegiatan sosialisasi ini, akan dapat mendorong komitmen pemangku kepentingan/stakeholder dalam mempersiapkan disain yang tepat untuk menyebarluaskan informasi iklim dan cuaca yang mudah diakses oleh masyarakat,” harapnya.
 
Sujarwo, perwakilan BMKG memaparkan sistem informasi iklim dan cuaca
BMKG Wilayah IV Sulawesi yang diwakili oleh Sujarwo dan Dadi, berterima kasih kepada pihak CARE International Indonesia yang telah menjembatani kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bone dalam hal pengelolaan akses informasi iklim dan cuaca yang mudah diakses oleh masyarakat atau komunitas. 

Para Peserta Sosialisasi dari berbagi Instansi terkait

Posting Komentar

 
Copyright © 2012 API BONE
apibone@yahoo.com /e-mail