BREAKING NEWS

Profil

Berita Acara

Bappeda Bone

Kamis, 20 Maret 2014

Orientation On Climate Change Adaptation For Journalist




Jurnalisme warga (bahasa Inggris: citizen journalism) adalah kegiatan partisipasi aktif yang dilakukan oleh masyarakat dalam kegiatan pengumpulan, pelaporan, analisis serta penyampaian informasi dan berita. Tipe jurnalisme seperti ini akan menjadi paradigma dan tren baru tentang bagaimana pembaca atau pemirsa membentuk informasi dan berita pada masa mendatang.

CARE International Indonesia, dengan dukungan pendanaan dari Uni Eropa (The European Union) melaksanakan program BC-RCC (Building Coastal-Resilience to reduce Climate Change impact in Indonesia and Thailand), yang bertujuan untuk membangun ketahanan masyarakat pesisir guna mengurangi dampak  negative perubahan iklim. Program ini telah berlangsung sejak Februari 2011 hingga Januari 2014 di Indonesia dengan locus kegiatan di 4 kabupaten di pesisir Teluk Bone yakni di kabupaten Bone,Wajo, Luwu  dan Luwu Utara.  

Menindaklanjuti hasil rekomendasi dari Konsultan Monev Uni Eropa terkait perpanjangan program selama 3 bulan, maka di phase Non Cost Extention ini (Februari-April 2014), diharapkan terjadi perluasan informasi pembelajaran dan dampak dari program ke para pihak, dengan mendorong peran media (cetak dan elektronik).

Oleh karena itu pembelajaran dari hasil pendampingan program yang telah memberikan dampak perubahan di komunitas dan pemerintah lokal penting untuk didokumentasikan, sehingga media memiliki informasi yang cukup untuk disebarluaskan. Di lain sisi, untuk mengoptimalkan peran media dalam mendorong penyebarluasan informasi tersebut, maka CARE International Indonesia selaku pelaksana program penting untuk berbagi pengetahuan tentang Update progress Program Adaptasi Perubahan Iklim kepada pihak media massa (Jurnalis) dalam rangka perluasan informasi  terkait iklim yang berbasis komunitas (Community Base Adaptation)

Guna mencapai tujuan tersebut, maka pada tanggal 13-14 Maret 2014 bertempat di Hotel M-Regency Makassar, dilaksanakan Orientasi CCA kepada pihak Media (Jurnalis). Orientasi ini dihadiri oleh kurang lebih 40 orang perwakilan berbagai media cetak dan elektronik baik dari daerah lokasi program maupun dari perwakilan media di Makassar, perwakilan pemerintah lokal bagian Humas/Infokom. Forum juga berhasil menghadirkan Narasumber dari Akademisi-UNHAS, Prof. Jamaluddin Jompa, BMKG Wilayah IV Makassar, dan Persatuan Wartawan Indonesia provinsi SulSel.

Hasilnya, forum orientasi berhasil melahirkan komitmen bersama dari pihak media untuk keberpihakan kepada pemberitaan yang adaptif perubahan iklim, serta mendorong partisipasi aktif dari masyarakat dalam kegiatan pengumpulan, pelaporan, analisis serta penyampaian informasi dan berita terkait iklim khususnya adaptasi perubahan iklim.

Rencana Tindak Lanjutnya Pasca Orientasi, adalah kegiatan lanjutan di masing-masing daerah lokasi program. Kegiatannya diarahkan kepada perluasan informasi terkait Adaptasi Perubahan Iklim dari pihak Media melalui liputan pemberitaan, sekaligus mengenalkan Jurnalisme Warga kepada para Volunteer (Fasilitator desa), sehingga akan terbuka peluang bagi masyarakat untuk berkontribusi berbagi cerita dan berita dari wilayahnya. (RaRa 15.03.2014)
 

Posting Komentar

 
Copyright © 2012 API BONE
apibone@yahoo.com /e-mail